Selasa, 14 Mei 2013

Belajar membuat layout peta

Pagiii menjelang siang.. Ayooo semangat :)

Oia, aku mau berbagi ilmu ini, cara membuat layout pada peta pake arc view

First, peta mentah yang masih .shp dibikin jalannya, sungai, dan kontur, kalo udah, klik 'view' pilih properties, di judul kata 'view1' ganti dengan judul peta yang diinginkan, kemudian dikolom bawahnya ganti meters, dan kolom bawahnya lagi ganti kilometers. Ok.

Secondly, klik view lagi , pilih layout, pilih bentuk kertas yang kita mau, entah itu landscape atau potrait, kalo udah klik Ok. Maka biimm salabbiimm....dakan tampil layout yang masih kasar.

Ketiga, klik file, pilih 'extensions', centang 'graticule and measure grids'.

Keempat, mulailah mengedit hal-hal yang perlu ditambahkan dilayout. Kalo mau menambahkan teks pilih simbol T pada tool bar, kalo mau menambahkan kotak pilih simbol 'titik', klik kanan sambil ditahan, kemudian pilih yang gambar kotak, begitu pula dengan bentuk-bentuk yang lain. Kalo mau mengganti skala peta, klik double pada peta, kemudian dikolom 'automatic' ganti dengan 'user specified', lalu ganti skala sesuai dengan yang diinginkan.

Kelima, saatnya membingkai peta. Klik simbol warna biru di ujung pada tool bar, kemudian akan muncul kotak dialog, klik next, kemudian akan ada pilihan tic marks dan line, pilih line, kemudian next. Setelah itu centang semua yang ada kotak centangnya, pilih preview, kemudian finish.

Jadi deh, tinggah atur dan geser-geser agar terlihat lebih cantik :)

Ini contoh peta buatanku, konturnya ngarang aja, bentuk kabupatennya juga ngarang...maklum masih belajar :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar